Porsi Makan Yang Baik

Porsi makan yang baik adalah jumlah makanan yang tepat dan seimbang yang Anda konsumsi dalam satu kali makan. Ukuran porsi yang tepat dapat membantu menjaga berat badan yang sehat, mencegah kelebihan kalori, dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut adalah panduan umum mengenai porsi makan yang baik:

 

1. Sayuran: Sebisa mungkin, sisihkan setengah piring untuk sayuran. Sayuran memberikan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh.

 

2. Protein: Sisihkan seperempat piring untuk sumber protein, seperti daging tanpa lemak, ikan, ayam, kacang-kacangan, tahu, atau tempe. Protein berfungsi sebagai bahan bangunan untuk tubuh, membantu pertumbuhan dan perbaikan sel.

 

3. Karbohidrat: Sisihkan seperempat piring untuk karbohidrat, seperti nasi, roti, pasta, kentang, atau biji-bijian. Pilihlah karbohidrat yang berasal dari biji-bijian utuh atau produk gandum utuh yang kaya serat.

 

4. Buah-buahan: Tambahan yang baik untuk makanan utama adalah satu porsi buah. Buah-buahan mengandung berbagai vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

 

5. Lemak sehat: Sisihkan sebagian kecil dari porsi makan untuk lemak sehat, seperti minyak zaitun, alpukat, atau kacang-kacangan. Lemak sehat penting untuk fungsi tubuh yang baik, termasuk penyerapan vitamin yang larut dalam lemak.

 

Selain itu, penting untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan kalori Anda. Kebutuhan kalori tiap individu berbeda, tergantung pada usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas, dan tujuan (misalnya, berat badan stabil atau menurunkan berat badan). Jika Anda ingin menjaga berat badan atau mengubahnya, berkonsultasilah dengan ahli gizi atau dokter untuk menentukan jumlah kalori dan porsi makan yang sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda.

Posted By : AZH (PT. Aisha Zahra Herbalaboratories)

Share Article